Tips Lancar Ber-Lebaran Dengan ART Infal

Back again to my favourite topic: Domesticity alias kerumahtanggaan. LOL.

As a part-time working mother, tentunya sedikit kebingungan karena sebentar lagi lebaran, dan pastinya para asisten rumah tangga maupun pengasuh mudik. Aku jujur saja, berencana menggunakan jasa pembantu ART infal, khusus untuk mengerjakan pekerjaan rumah (menyuci pakaian, membereskan rumah, dll) karena walaupun libur lebaran tetap akan banyak kegiatan kerja, jadi tidak mungkin disambil mengurus rumah, walaupun khusus untuk anakku tetap Aku yang akan mengurus sendiri.
tips lancar berlebaran dengan art infal

However, walaupun mengurus anak sendiri, bukan berarti tidak ada rasa was-was terhadap kondisi rumah nantinya. Tentunya kebersihan rumah juga jadi prioritas (apalagi suami hanya bisa cuti 3 hari, dan selebihnya kondisi harus kembali normal). Terkadang ART sementara alias ART Infal pastinya mempunyai mindset dan standard yang berbeda dalam menangani pekerjaan rumah tangga.

Untuk itu, berdasarkan pengalaman, salah satu cara untuk mensiasati kondisi ini adalah dengan menyediakan waktu minimum 3 hari untuk ART tetap kita melakukan “handover” pekerjaan ke ART Infal serta untuk ART Infal beradaptasi dengan kondisi rumah kita. Beberapa tips yang musti dipersiapkan adalah :
pembantu rumah tangga infal

Minta ART Tetap untuk Handover Pekerjaan ke ART Infal
Penting sekali untuk ART Infal tahu apa saja dan bagaimana pekerjaan seharusnya dilakukan, sesuai dengan standard kita. Mulai dari cara mencuci, cara membereskan tempat tidur, sampai dengan letak alat bersih-bersih rumah. Sebaiknya ada waktu dimana ART Infal bertemu dan belajar dari ART Tetap kita, disarankan minimum 3 hari.

Siapkan Pembagian Tugas

Karena disini posisinya semua PIC berubah, maka khusus untuk contoh kasus sepertiku misalnya, Aku akan memberikan pembagian tugas seperti misalnya untuk memasak, jika pekerjaan rumah sedang sibuk, ART Infal tidak harus memasak, makanan bisa dibeli via katering harian.

Selain itu misalnya jika tamu di rumah sedang padat, ART Infal tidak usah mencuci pakaian dan lebih baik fokus untuk membantu melayani tamu yang datang ke rumah.
tips memilih pembantu infal

Jelaskan Mengenai Kebiasaan di Rumah

Pastinya, karena ART Infal mungkin adalah “penghuni baru sementara”, beliau harus tahu mengenai pola hidup di rumah kita. Sebagai contoh, harus diajarkan jadwal harian kita di rumah seperti kebiasaan waktu bangun pagi, waktu makan, waktu pulang kantor, dll. Serta jangan lupa beritahu pula peraturan untuk ART Infal kita ikuti, sebagai contoh untuk peraturan untuk makan di rumah, jika lapar tinggal ambil makanan sebebasnya, dan lain-lain.

Hal-hal di atas menurutku sangat penting dilakukan, untuk menghindari miskomunikasi, membuat pekerjaan rumah yang dilakukan lebih efektif dan efisien, serta membuat suasana rumah sebisa mungkin tetap nyaman.

Wishing us tons of Good Luck to manage the household in our comfortable way, and have a happy Eid for those who celebrate it! Hugs!