Melatih Sensorik Anak – Sensory Play Class: “Silly Slime”

Beberapa waktu lalu Saladdin bersama dengan Kakak Raya (anak dari mom Arninta) mengikuti kelas Early Art Sensory alias kelas Sensory Play untuk anak usia dini, dari usia 1,5 – 3 tahun. Kelas ini rutin diadakan oleh Ganara Art Studio.

Ini sebenarnya adalah kali ketiga dari Saladdin mengikuti kelas di Ganara Art Studio. Setelah sebelumnya ikut kelas dengan tema berkebun dan tema arctic art, kali ini Saladdin dan Kakak Raya ikut kelas dengan tema Silly Slime.
mainan melatih sensorik anak

Tahapan yang dilakukan di kelas ini pertama-tama adalah mendengarkan story telling. Disini diharapkan Anak mulai memberikan fokus ke para tutor, agar selanjutnya bisa mengikuti kelas dengan tenang dan juga sekaligus perkenalan diri serta pencairan suasana.

Setelah itu, baru deh main sesuai tema. Karena temanya Silly Slime, anak-anak diajak untuk menyelamatkan hewan yang “terperangkap” di dalam slime. Sebelumnya, tangan anak-anak diolesi minyak dulu agar slime tidak lengket di tangan. Sekitar 15 menit, sembari bermain, para tutor sembari bercerita tentang tekstur minyak yang licin serta slime yang lengket. Anak diajak untuk eksplor mengenai macam-macam tekstur.

Selanjutnya, anak-anak diajak untuk melukis dengan tangan menggunakan cat diatas kertas yang sebelumnya sudah ditempeli dengan double tape. Sembari menunggu lukisan kering, anak diperbolehkan untuk mencuci tangan dan bermain dengan mainan yang ada.

Saat lukisan sekiranya sudah kering, saatnya untuk menempel-nempel pada bagian yang tadinya sudah ditempel dengan double tape tersebut. Ternyata membentuk wajah, dimana para anak diminta untuk menempelkan mata, hidung, mulut dan juga rambut. Selesai sudah kelas Early Art Sensory ini, ditandai dengan sesi foto bersama (yang pastinya sangat susahhh untuk anak-anak ini melihat dengan manis ke kamera, lol).
cara melatih sensorik anak

Basically, kelas Early Art Sensory ini sangat baik terutama untuk para Ibu yang terkadang sibuk bekerja maupun sering kehilangan inspirasi untuk sensory play sendiri di rumah (seperti Aku, hehe). Permainan yang diberikan sangat berguna untuk melatih perkembangan sensorik pada anak kita.

Kelas yang diadakan Ganara Art Studio sendiri pada dasarnya ada 3 macam, yakni untuk anak usia dini 1,5-3 tahun yakni Early Art Sensory Class, untuk anak usia 4-9 tahun yakni Fine Motor Fun, serta kelas seni melukis untuk dewasa. Tema kelas untuk Early Art Sensory berubah per 3 bulan sekali.

Info Tempat
Vendor : Ganara Art Studio
Tempat : Prana Satya Learning Cilandak KKO & Klub Kembang Kemang
Biaya : Rp 150.000,. / sesi / anak

Info lebih lanjut klik www.ganaraartstudio.com atau follow IG nya di @ganaraartstudio
(Psst… promosi sedikit)

Kelas Early Art Sensory dan juga Fine Motor Fun dari Ganara Art akan hadir di acara House of Circle of Moms “Farming Fun” yang akan diadakan di Rumah Sarwono Jakarta pada 5-6 Desember 2015 lho! Ayo ikutan, jadi setelah anak ikut kelas edukatif dari Ganara Art, para orangtua bisa bersenang-senang di acara bazaar yang juga banyak menyediakan macam-macam makanan. Cause days at the weekend with our precious ones are worth to spend in such a full of fun and beneficial activities.. see you! 😉