Mpasi Dengan Belut Untuk Anak, Bayi, & Balita

Mumpung sekarang kegiatan pekerjaan lagi rehat sejenak, sedang tidak ada pengasuh, dan juga “another baby” alias suami sedang keluar kota, saatnya untuk kembali mengurus si toddler penuh waktu. Foto makanan nya menyusul yaa karena belum sempat foto makanan nya yang “proper” 😉

Kali ini mau membahas resep MPASI dengan menggunakan belut. Pertama-tama, bagi yang masih reluctant atau ragu untuk menggunakan belut sebagai menu MPASI bayi/balita karena binatang sawah ini erat hubungannya dengan “kotor dan jijik kaya uler” (insight ini didapat dari ALMOST semua Asisten Rumah Tangga): don’t be!
mpasi belut untuk bayi & balita

Belut sangat kaya gizi. Manfaatnya banyak banget. Protein dalam belut lebih tinggi jika dibandingkan dengan protein yang terkandung dalam telur dan daging sapi (sumber: Kementrian Kelautan dan Perikanan), serta daya cerna nya tinggi. jadi cocok banget sebagai makanan pendamping asi bagi bayi/balita. Untuk rasanya = guriiiih, Aku suka banget. Kadang pun Aku suka makan belut goreng pakai sambal, nasi dan lalapan.

Lantas, gimana cara membuatnya? Untuk resep MPASI bayi atau balita dengan belut, cenderung mudah sekali karena nggak perlu banyak bumbu. Rasa gurih dari belut sudah membuat masakan nya jadi enak.

Catatan Sebelum Memasak :
– Belut sangat berlendir, jadi bersihkan lendir dari belut dengan rendam belut selama 10 menit di air yang telah diberi perasan jeruk (jeruk apa saja, bisa juga mentimum) + garam.
– Penting untuk mengukus/steam belut yang sudah bersih selama 10 menit, karena kalau langsung digoreng nanti akan “kisut” dan keras seperti lele goreng 🙁
cara membuat mpasi dari belut

Persiapan Bahan :
– Belut secukupnya (biasanya Aku masak per 4 potong)
– Butter
– 1 siung bawang putih + 1 siung bawang merah
– Sayuran: Wortel dan Buncis

Cara Memasak :
– Setelah belut di kukus selama 10 menit, panaskan butter dan tumis bawang putih + bawang merah dalam panci sampai harum.
– Masukkan air bekas kukusan belut (menurutku penting, karena di air kukusan ini pasti banyak banget proteinnya) secukupnya, untuk memasak sayuran.
– Masukkan sayuran ke dalam panci, hingga lunak, tambahkan gula + garam (untuk balita) sedikit, lalu terakhir masukkan belut yang sebenarnya sudah matang di kukusan, Aduk dan sajikan dengan menggunakan nasi (untuk balita yang sudah makan makanan bertekstur keras).

Untuk resep belut untuk bayi di bawah 1 tahun, biasanya setelah dikukus langsung aku tim dengan nasi + unsalted butter + sayuran hingga lembek. Saat mengukus bisa juga ditambahkan jahe yang sudah dilunakkan, jadi lebih wangi. Yumm..

Oh iya, berdasarkan pengalaman, belut dengan kualitas baik dan harga yang lebih terjangkau (range harga di Rp 70.000 – 90.000 per kg dan langsung minta dibersihin + dipotong-potong), biasanya Aku dapatkan di Superindo (tetep..) dibandingkan dengan supermarket/hypermarket lain bisa di atas Rp 100.000,. per kg. Aku tidak pernah beli di pasar tradisional karena biasanya belut yang di dapat kecil-kecil jadi dagingnya terlalu sedikit 🙁.
Itu dia cara mengolah belut untuk mpasi ala Bunda Lamin, semoga berguna! 🙂 and Happy Holiday too…!