Mpasi Balita: Nasi Tim Ayam Kampung

PS: Sebelum dibaca, perlu diketahui bahwa resep ini mungkin sangat amatir. Nasi tim tanpa kecap, kecap asin, minyak goreng atau minyak wijen. Sebenarnya cocok untuk mpasi bayi umur 6, 7, ataupun 8 bulan, tinggal dimasak tanpa garam dan gula saja 😉 Tapi entah kenapa Aku dan Saladdin suka makannya. We both enjoy it. Semoga berguna!

1 hal yang selalu Aku ingat, kalau mau makan nasi tim ayam gurih (bukan yang versi tim ayam jamur kecap dll) paling enak itu di restoran puncak pass, tapi itu duluuuuu banget tahun 2003 lalu. Karena selalu teringat hal tersebut, Aku jadi kepikiran untuk coba-coba sendiri. Setiap searching di google tentang resep nasi tim, entah kenapa selalu ketemunya resep nasi tim ayam jamur yang harus pakai kecap, padahal ngidam nya nasi tim ayam polos. Jadi, berikut resep dasar nasi tim yang selama ini Aku lakukan, silahkan dicoba.
resep cara membuat nasi tim ayam mpasi bayi

Cara Membuat Nasi Tim Ayam Mpasi

Bahan-Bahan :
– 200 gram ayam kampung, bersihkan
– 1 potong jahe (atau sesuai selera), iris tipis-tipis
– 3 siung bawang putih, iris tipis-tipis dan memarkan sedikit
– 2 lembar daun bawang (1 untuk kaldu, 1 untuk di-steam), potong-potong sekitar 1cm
– Garam
– Gula
– Nasi

Cara Memasak :
– Buat kaldu ayam dengan cara merebus air secukupnya, lalu masukkan daun bawang takaran 1 lembar, bawang putih serta ayam kampung. Masak hingga terlihat kuah kaldu menebal (lemak ayam berada di atas permukaan air). Tambahkan gula dan garam sesuai selera.
– Saat sekiranya daging ayam dalam rebusan kuah kaldu mulai matang, ambil daging ayam lalu pisahkan antara daging, kulit dan tulangnya. Masukkan kembali kulit dan tulang ke dalam rebusan air kaldu ayam, sisihkan daging ayam dan potong kecil kecil atau disuwir.
– Ambil mangkuk atau cetakan (di foto Aku pakai cetakan berbentuk kelinci), isi dengan nasi, lalu siram dengan kuah kaldu. Sisipkan daging ayam beserta irisan jahe + irisan daun bawang takaran 1 lembar lainnya untuk di steam selama kurang lebih 15 menit.
– Setelah matang dan nasi tim jadi, sajikan nasi tim beserta kuahnya.

Sebelumnya karena memang belum banyak pengalaman masak, saat tahu betapa hebatnya fungsi jahe dan daun bawang ketika dikukus bersamaan dengan daging ikan dan ayam (otomatis wangi dan rasa berubah, seperti masakan-masakan cina), Aku langsung jadi sering menggunakan metode “steam daging ayam atau ikan pake jahe” tersebut.

Untuk rasa kuah, kebetulan Aku suka versi original yang dihasilkan hanya dari gurihnya ayam kampung, biasanya makin fresh ayam kampung, makin enak. Tinggal tambah garam, sedikit gula, bawang putih dan bawang merah. Please do comments kalau sekiranya ada tambahan tips untuk memasak nasi tim ini ya, mommies! 🙂 Thank you