Mendekor Kamar Tidur Bayi

Mendekor kamar tidur bayi bisa jadi hal yang sangat menyenangkan, terutama saat mau punya anak pertama, pasti masih semangat banget 🙂. Begitu pula saat Saladdin baru mau lahir, Aku semangat banget buat dekor dan nyari-nyari aksesoris untuk kamar bayi.

However, kalau tidak di plan dengan baik dan seksama, bisa melenceng dari tema (bahkan budget) dan jadinya malah tidak sesuai. Maksud hati pengen tema dekorasi yang sederhana minimalis eh malah kebablasan ngabisin dana yang banyak. Therefore, berdasarkan pengalaman pribadi, berikut adalah step by step yang perlu dilakukan saat mendekor kamar bayi:

dekorasi kamar tidur bayi

Artikel kamar bayi Saladdin saat dimuat di majalah Pregnancy June 2014

1. Pilih Tema
Tema adalah hal utama yang harus ditentukan di awal. Tema dapat menjadi acuan dalam memilih warna. Tema disini bisa bermacam-macam, misalnya kalau untuk baby boy, bisa memilih tema netral, teddy bear, circus, cars, atau konstruksi seperti tema yang Aku pilih untuk kamar Saladdin. Dari tema, baru nanti kita bisa menentukan barang-barang terutama aksesoris kamar apa saja yang harus dibeli.

2. Tentukan layout dan lighting 

Layout penting sekali dalam menentukan barang dan aksesoris apa saja yang harus dibeli, terutama dalam menentukan furniture. Tentukan penempatan tempat tidur bayi, baby taffle, sofa menyusui, meja, rak dan lainnya sebelum membeli barang.

Also, lighting plays a very very important role in a room. Lighting yang baik akan membuat suasana kamar menjadi “berbeda”. Tentukan letak lighting, seperti misalnya lampu sorot untuk di pojok ruangan atau di atas dari rak pajangan, sebelum mendata barang yang akan dibeli.

3. Tentukan Budget
Budget is important, for sure. Pasting kita tidak mau out of budget. Therefore, lakukan survey harga barang-barang (survey online saja sebenarnya sudah cukup) terlebih dahulu. Penting: tentukan budget untuk aksesoris (printilan), karena hal-hal kecil yang harus dibeli ini seringkali membuat kita out of budget.
dekor kamar tidur bayi

4. Browsing furniture
Setelah ada plan yang matang, baru deh… saatnya jalan-jalan dan cari furniture, bisa juga “bikin sendiri”. Didahulukan untuk membeli furniture terlebih dahulu sebelum membeli aksesoris kamar, karena biasanya aksesoris nantinya mengikuti dari tata letak dan model furniture yang kita dapatkan.

5. Browsing aksesoris
Terakhir, beli aksesoris kamar. Aksesoris disini bentuknya macam-macam, mulai dari frame foto, huruf balok nama bayi (ini yang lagi hits banget sekarang), pajangan, gordyn, sprei, dan masih banyak lagi. Mainan pun juga bisa jadi aksesoris kamar bayi. Nah aksesoris ini tentunya harus sesuai dengan tema. Contohnya, jika tema kamar bayi kita adalah circus, maka tentunya akan banyak aksesoris yang bergambar-berbentuk gajah, badut atau singa. So fun!
dekorasi kamar tidur bayi sederhana minimalis

Believe me, biasanya dalam mendekor kamar bayi ini, pasti kita jadi BM banget alias banyak mau. hehe.. Since ini sangat menyenangkan (yang nggak menyenangkan si pastinya di tahap persiapan budget ;p ) dan pastinya so many things yang kita ingin beli. Semuanya gemes, semuanya pengen dibeli, apalagi kalau ini untuk anak anak pertama. Tetap ingat budget ya, karena perjalanan masih panjang.

Oh iya, aksesoris seperti frame, pajangan dan juga sarung bantal akan memperkuat kesan tema ruangan. Well then, enjoy decorating Mommies!