Instant Sensory Play: ISand

It’s been almost 2 months since i wrote my last article 🙁 . Kemarin benar-benar full untuk persiapan acara “House of Circle of Moms” yang Alhamdulillah telah sukses diadakan beberapa waktu lalu (posting an tentang event menyusul ya).

Karena jadwal yang padat kemarin, jujur saja membuat aku kurang menghabiskan “quality time” bareng anakku. Meeting bisa dari pagi sampai malam. Adapun untuk itu, Aku coba mensiasati dengan cara menghabiskan waktu yang produktif tetapi tetap simple. Pasti pengen terus untuk bikin sensory play untuk Saladdin, tetapi sudah tidak bisa mikir terlalu jauh lagi.
permainan kreatif anak usia dini untuk mealatih sensorik

Untungnya kemarin nemu mainan dengan konsep sensory play, namanya ISAND. Apa itu? Salah satu jenis mainan untuk mealatih perkembangan sensorik anak ini semacam pasir sintetis yang tidak akan kering sehingga anak dengan mudah bisa membentuk pasir sesuai dengan cetakan atau keinginan masing-masing.

Seru banget dan praktis pastinya karena sudah “ready“. Saladdin sendiri asyik membentuk pasir sintetis ini dengan bentuk favoritnya yaitu mobil-mobilan (Can’t describe on how much he addicted to cars and trains lately! Anak cowok..). Biasanya sehabis membentuk, dia pura-pura menghitung sendiri walaupun belum jelas, “Atu, wa, tiga, empat, ma …. dst”.

Selain itu, Anak juga bisa dijelaskan mengenai rasa/tekstur dari pasir tersebut yakni tekstur halus karena pasir nya lembab. Biasanya Anak akan amazed saat meraba tekstur pasir tersebut. Bisa juga kita jelasakan mengenai berbagai bentuk yang dicetak misalnya perbedaan mobil yang besar dan kecil, mobilnya ada “mata”nya dan Binatang Laut, jadi bisa dipilih berdasarkan gender/kesukaan Anak masing-masing.
permainan sensori anak

Mainan ini di dapatkan di Toys Kingdom dengan harga sekitar IDR 163.000 (terakhir beliin yang sama buat kado naik jadi sekitar IDR 180.000), di dalamnya berisikan 1 kantung pasir, 4 cetakan kecil untuk pasir tersebut sesuai tema, serta 1 tray atau wadah pasirnya. Terdapat 3 varian cetakan dari ISand ini yakni tema Mobil-mobilan, Bunga, dan Binatang Laut, jadi bisa dipilih berdasarkan gender ataupun kesukaan Anak masing-masing.

Semoga berguna bagi Ibu-Ibu yang sedang sibuk tetapi ingin memaksimalkan waktunya dengan Sensory Play yang “instant” yaa!